AFI (Akademi Fantasi Indonesia)

No comment 150 views

Menuju puncak gemilang cahaya mengukir cinta seindah asa menuju puncak impian dihati bersatu janji kawan sejati pasti berjaya di akademi fantasi! Jika anda tau lirik diatas artinya anda sudah familiar dengan kontes bakat yang satu ini! Yah AFI singaktan dari Akademi Fantasi Indonesia atau Akademi Fantasi Indosiar yang dulu hits banget sehingga banyak orang yang ingin mengikuti audisi ini disetiap kesempatan. Acara ini pun mengangkat tema tarik suara yang artinya akan menyaring bakat-bakat dalam bernyanyi. Acara ini terinspirasi oleh acara La Academia di Meksiko dimana setiap peserta yang berhasil lolos akan disebut Akademia yang nantinya akan menjalani karantina selama kurang lebih 4 bulan. Para peserta akan bersaing untuk menjadi yang terbaik sehingga bisa mendapatkan hadiah utama berupa sebuah mobil beserta uang tunai.

Kesuksesan program ini bahkan dituru oleh banyak negara dimana diantaranya Academy Fantasia di Thailand, Pinoy Dream Academy di Filipina dan lain-lain. Acara AFI memang membuat banyak orang terhibur karena kala itu masih sedikit konter bakat bernyanyi yang diadakan di televisi sehingga tak heran kalau rating yang diraih sangat tinggi dan hingga sampai saat ini belum ada yang melewati rekor tersebut yang menjadikan AFI pelopor ajang pencarian bakat di Indonesia. Untuk mendukunug para peserta kontestan, para pemirsa harus mengirimkan sms ataupun telepon. Acara ini sempat vakum tepatnya pada tahun 2007 karena suatu alasan yang tidak dijelaskan. Namun tiga tahun setelahnya acara ini muncul kembali dengan format yang baru yang lebih fresh tetapi lagi-lagi Indosiar tidak menayangkannya sehingga cukup membuat para penggemarnya yang sudah menanti-nanti merasa kecewa.

Pada tahun 2010 barulah Indosiar mengumumkan melalui akun twitter resmi miliknya yang mengatakan kalau AFI akan kembali hadir dimana saat itu AFI akan muncul menggantikan acara The Voice Indonesia dengan format terbaru dimana audisinya akan dimulai setelah Idul Fitri 1434 Hijriah.

Berikut ini adalah daftar para pemenang kontes bakat AFIĀ  :

  • 2003 – Very Affandi
  • 2004 – Putu Sutha Nata Wijaya
  • 2005 – Ade Alfonso Pattihahuan
  • 2006 – Tri Widi Nugroho
  • 2013 – Stefanny Patilaya

Baca Juga :