American Idol

No comment 399 views
American Idol,4.33 / 5 ( 3votes )

american idol

American Idol – American Idol merupak salah satu bagian dari serial pencarian bakat “Idol Series” yang paling sukses di beberapa negara dan mengalahkan acara-acara yang mirip dengannya. Acara ini awalnya¬†dipelopori oleh Pop Idol dari Inggris. Pembawa acara dari acara tersebut ialah Ryan Seacrest. Acara ini memang memiliki banyak sekali penggemar terutama mereka yang mendukung idolanya saat sedang tampil dalam kontes tersebut.

Acara ini dikenal dengan sangat baik di negaranya. Penonton acara ini juga tidak pernah surut sejak pertama kalinya acara ini diselenggarakan hingga saat ini. Beberapa musim yang sudah dilalui oleh American Idol selalu dipenuhi dengan antusias para penontonnya. Kemudian acara di akhiri pada musim ke-15.

American Idol diselenggarakan oleh Simon Fuller, acara ini merupakan inspirasi dari acara kompetisi menyanyi yang ditayangkan di televisi Selandia Baru yang bernama Popstars. Produser televisi Nigel Lythgoe menonton acara yang sama dengan tampilan yang sedikit diubah ke versi Australia dan kemudian dirinya membantu membawanya ke Britania Raya. Fuller kemudian mengembangkan inspirasinya tersebut dengan mempekerjakan panel juri agar dapat memilih kontestan saat berlangsungya audisi. Kemudian ide yang dimilikinya dikembangkan lagi dengan menambahkan unsur lain, seperti pemilihan via telepon /  sms oleh penonton. Ide pemilihan via telpon juga diambilnya dari acara Kontes Lagu Eurovision. Dan pada saat itu terjadi juga beberapa drama dalam pengembangannya dalam waktu yang sangat cepat.

Tahun 2001, Fuller, Cowell, dan produser televisi Simon Jones mencoba menawarkan konsep Pop Idol yang mereka kembangkan itu ke Amerika Serikat, namun awal dari konsep tersebut mendapat tanggapan yang buruk dari jaringan televisi Fox. Akan tetapi, Rupert Murdoch, kepala induk usaha Fox, dipengaruhi oleh putrinya untuk membeli serial tersebut, Elisabeth merupakan salah satu penggemar acara Britania. Kemudian selanjutnya acara tersebut diberi nama American Idol: The Search for a Superstar. Debut pertama acara American Idol dimulai pada musim panas tahun 2002.

Cowell awalnya ditawari pekerjaan sebagai showrunner, namun ia menolak tawaran itu. Lythgoe kemudian mengambil alih posisi itu. Acara itu kemudian menjadi salah satu acara yang terbesar pada musim panas. Kemudian, acara ini tumbuh menjadi sangat booming kala itu dan sebagian besar dipengaruhi dari personal para kontestan, hal ini mendorong pemirsa untuk memilih, serta kehadiran Cowell berlidah-pedas sebagai juri.

Selanjutnya pada tahun 2004, acara American Idol menjadi acara yang paling banyak ditonton di televisi Amerika Serikat, dan acara itu menjadi yang terbaik selama 7 musim berturut-turut. Dan akhir dari acara tersebut berada di musim ke-15 dikarenakan menurunnya antusias masyarakat untuk menonton acara tersebut.