Atlet Angkat Beban Berhijab Pertama di India

No comment 109 views

Atlet Angkat Beban Berhijab Pertama di India

Atlet Angkat Beban Berhijab Pertama di India

Majiziya Bhanu menjadi atlet wanita pertama yang berhijab yang mengikuti bidang angkat beban di India. Wanita yang masih berusia 24 tahun itu memiliki passion yang besar di bidang olahraga, khususnya powerlifting. Saat sekolah, ia pernah menjadi atlet tinju kemudian menemukan passionnya di bidang powerlifting atau angkat beban.

Majizia sudah memiliki prestasi yang cukup mengagumkan. Ia pernah menyabet medali perak pada The Asian Powerlifting Championship tahun 2017. Di tahun yang sama, Majizia dinobatkan sebagai ‘The Strong Woman of Kerala 2017’ pada sebuah kontes di Kochi, India.

Rencananya Majizia akan mengikuti World Championship di Turki Oktober 2018 ini. Namun, ia terhambat dana. Ia sedang mencari sponsor untuk mendanai perjalanannya. Namun, tak sedikit perusahaan yang mundur jadi sponsor karena hijab yang ia kenakan.

“Ketika ada orang yang memakai hijab di kantormu, itu terlihat natural dan biasa. Sama halnya denganku, aku hanya melakukan pekerjaan dengan memakai hijab. Aku menjadi sorotan karena masih sedikit wanita berhijab yang melakoni bidang ini,” tutur Majizia dikutip dari Times of India.

Ia pun bersikukuh untuk tidak melepaskan hijab di setiap kompetisi. Meski ibunya sempat khawatir, Majizia tetap tegas dengan keputusannya. Meski baru empat tahun menyeriusi olahraga angkat beban dan binaraga, ia percaya masih tetap bisa berkembang dengan hijabnya.

Saat berlatih di tempat fitness, Majizia sering memakai baju olahraga lengan panjang dipadukan dengan legging. Merek ternama seperti Nike jadi pilihan Majizia. Untuk hijab, ia memilih hijab segi empat atau pashmina yang dipakai secara sederhana.