D’Academy Celebrity

No comment 73 views

D’Academy Celebrity

D Academy Celebrity atau DAC (nama lain atau kepanjangan dari Dangdut Academy Celebrity) adalah acara musik realitas sekaligus ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbesar pertama di Indonesia yang ditayangkan oleh Indosiar.

Diciptakan oleh Programming Indosiar. Produksi dilaksanakan oleh Tim Produksi Indosiar (2014 – 2016) dan Indonesia Entertainmen Produksi (2017). Para peserta program ini adalah para artis yang tidak berprofesi sebagai penyanyi dangdut, melainkan merupakan artis yang berprofesi sebagai aktor, aktris, penyanyi pop, pembawa acara, penyiar radio, dan sebagainya.

Mereka saling bertarung dan menunjukkan kemampuan terbaik dalam bernyanyi dangdut untuk memperebutkan gelar juara. Musim pertama ditayangkan mulai 11 April 2016 dengan Ihsan Tarore sebagai pemenangnya, sedangkan musim kedua ditayangkan mulai 17 April 2017 dengan Tia AFI sebagai pemenangnya.

Pembawa Acara

Pada musim pertama pembawa acara yang ditugaskan adalah Ramzi, Irfan Hakim, Rina Nose, dan Andhika Pratama. Gilang Dirga di musim pertama merupakan peserta, dan di musim kedua menjadi tambahan pembawa acara.

Juri

Pada musim pertama juri yang bertugas ada Ivan Gunawan untuk mengomentari penampilan para celebrity yang tampil, Soimah Pancawati, Inul Daratista, Iis Dahlia, Hetty Koes Endang, dan Mas Idayu yang diberi tugas mengomentari vokal para celebrity yang sedang bertarung.

Disaat Ivan Gunawan tidak bisa hadir, Denada, Samuel Watimena, dan Hengky Kawilarang yang diberi tugas untuk menggantikannya, sedangkan bila juri vokal salah satu tidak hadir Elvy Sukaesih dan Rosalina Musa yang menggantikannya.

Iis Dahlia dan Inul Daratista posisinya bergantian, sedangkan pada awal-awal Jaja Mihardja yang menggantikan posisi Mas Idayu karena beliau harus menjadi juri di ajang pencarian bakat dangdut di Malaysia.

Komentator

Komentator yang ditugaskan pada musim pertama acara ini yakni Caca Handika untuk mengomentari vokal para cebrity yang sedang bersaing dan ditugaskan sebagai pelatih vokal. Sementara untuk mengomentari dan melatih aksi panggung para peserta ditugaskan Uncle Jo.

Namun menginjak penayangan terakhir Uncle Jo tidak lagi menjadi komenatator dan digantikan oleh Titi DJ, akan tetapi Uncle Jo masih nertugas sebagi pelatih aksi panggung. Namun terkadang jika ada yang berhalangan hadir Denada diberi tugas untuk menggantikannya.

Babak Yang Dilalui

Konser 25 Besar

Konser ini berlangsung selama 3 hari secara berturut-turut dalam 1 minggu. Pada konser ini semua celebrity yang yang mengikuti akan dibagi menjadi 5 kelompok untuk tampil hingga diambil 2 celebrity saja setiap kelompoknya untuk mengikuti ajang 10 besar. Pada babak ini pula para celebrity mengenal panggung, tata lampu, dan beberapa atribut yang telah disiapkan oleh pihak Indosiar selaku penyelenggara acara. Setiap kelompoknya akan tampil 3 hari secara berturut-turut dalam 1 minggu.

Konser Wild Card

Pada konser wild card semua celebrity yang telah tersenggol akan diadu kembali untuk melengkapi 12 besar peserta di konser final. Konser ini berlangsung selama 2 hari dan akan diambil 2 saja.

Konser Final

Pada konser final semua peserta yang telah lolos untuk melaju ke babak final sebanyak 12 peserta. Semua peserta akan dibagi menjadi 2 kolompok dan setiap kelompoknya akan tampil 1 hari secara bergantian. Sehingga terkumpul 6 celebrity dan akan bertarung untuk memperebutkan juara di babak grand final.

Konser Grand Final

Di konser grand final 3 peserta yang terseisa dari babak final akan bertarung untuk memperebutkan juara. Juara dari D Academy Celebrity akan terseleksi masuk D Academy Asia.