Kompetisi Manga Internasional Ke-12

No comment 79 views

Kompetisi Manga Internasional Ke-12

Kompetisi Manga Internasional Ke-12

Kementerian Luar Negeri Jepang dan The Japan Foundation menggelar kembali Kompetisi Manga Internasional yang ke 12 yang diselenggarakan pada bulan juni 2018 dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada Desember 2018.

Untuk ketentuan lomba dapat dilihat dibawah ini:
Periode pendaftaran dimulai dari tanggal 2 April 2018 (Senin) – 15 Juni 2018 (Jumat).
Dokumen pendaftaran dapat dikirim ke salah satu alamat yang tertera berikut :

  1. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia
    Jl. M.H. Thamrin 24
    Jakarta Pusat 10350
    *Paling lambat tanggal 14 Juni 2018 (sampai di Kedutaan Besar Jepang)
  2. PO BOX khusus Kontes Manga Internasional ke-12
    MBE193 The Twelveth Japan International MANGA Award Executive Committee
    Shinjuku Oak Tower 2F,
    6-8-1 Nishi-Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo, JAPAN 163-6002
    * Tanggal 15 Juni 2018 harus sampai di PO BOX (bukan cap pos).
    Untuk pengumuman para pemenang akan dilakukan pada bulan Desember 2018, sementara untuk upacara Pemberian Penghargaan, direncanakan sekitar bulan Maret 2019 mendatang.

Penghargaan MANGA Internasional Jepang didirikan pada Mei 2007 atas prakarsa Menteri Luar Negeri, Taro Aso, dengan tujuan memberikan penghargaan kepada pencipta MANGA yang berkontribusi pada penyebaran budaya MANGA di luar negeri dan pertukaran budaya internasional melalui MANGA. Penghargaan ini telah diberikan setiap tahun sejak saat itu.

Di antara entri, Penghargaan emas akan diberikan untuk karya terbaik dan Penghargaan Perak untuk tiga karya luar biasa lainnya.

Para penerima beasiswa akan diundang ke Jepang oleh Japan Foundation untuk menghadiri upacara penghargaan.

Selama mereka tinggal di Jepang (umumnya selama 10 hari), mereka juga akan memiliki kesempatan untuk bertukar pikiran dengan para pencipta MANGA Jepang, mengunjungi perusahaan penerbitan dan melakukan perjalanan ke situs-situs lokal.

Sementara juara medali emas, perak dan perunggu di kompetisi sebelumnya (ke-11) tidak ada satu pun pemenang dari Indonesia.

Medali emas diraih manga-ka dari Kolombia,medali perak diperoleh peserta dari Perancis, Ukraina dan Taiwan. Sedangkan peraih perak diperoleh oleh peserta dari United Arab Emirates , HongKong, Inggris, China, Taiwan, Thailand dan Perancis.

Peraih hadiah perunggu dari Indonesia terakhir pada kompetisi ke-10 diterima dua orang masing-masing oleh Ann Maulina dengan karyanya berjudul Raruurien dan juga oleh Dimaz Sadewa dengan karyanya berjudul Woelan.