Lomba kebersihan di gunung Papandayan

No comment 395 views

Lomba kebersihan di gunung Papandayan

Lomba kebersihan di gunung Papandayan

Pengelola TWA Papandayan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang akan ada lomba pungut sampah bagi para pendaki yang datang untuk mendaki gunung Papandayan.

Selain ikut memperingati hari kemerdekaan, pengelola juga ingin mengajak masyarakat melestarikan lingkungan.

“Pada 17 Agustus kali ini, kita dari pengelola menyiapkan beragam lomba bagi para pendaki dan pengunjung Gunung Papandayan. Salah satunya adalah lomba pungut sampah,” kata Tri kepada wartawan di TWA Papandayan, Kecamatan Cisurupan

Kegiatan itu akan berlangsung tepat pada Jumat (17/08/2018). Tri mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para pecinta alam merayakan hari kemerdekaan bersama-sama.

“Selain merayakan HUT RI ke-73, kita juga mengajak masyarakat khususnya para pecinta alam untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan,” tutur dia.

Dalam acara itu, akan ada pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Papandayan secara bersama-sama. Ada beragam perlombaan lainnya juga dengan hadiah menarik.

“Ada juga lomba merakit tenda serta perlombaan tradisional khas Agustusan lain seperti lomba balap karung dan lomba kelereng,” ujar Tri.

Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 °C.

Daya tarik Wisata Beberapa lokasi yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan di antaranya: • Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. • Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah.